Rabu, 05 Oktober 2011

AMD Radeon HD 6790 Untuk Pertama Kali Bocor Berkat Kehadiran Sapphire

    Saat dimana AMD akan memperkenalkan secara resmi Radeon HD 6790, namun gambar-gambar pertama dari kartu grafis tersebut tampaknya sudah mulai bermunculan berkat kehadiran beberapa foto resolusi tinggi Sapphire HD 6790 baru-baru ini.
Apabila ditelaah dari keberadaan produk Sapphire ini, maka akan semakin jelas kalau pihak AMD tampaknya masih akan menggunakan kembali solusi pendinginan yang sama dengan apa yang digunakan untuk beberapa model besutan AMD sebelumnya yaitu Radeon HD 6870 dan Radeon HD 6850.
Untuk meningkatkan proses pendinginan, kartu grafis ini menggunakan dua heatpipe yang berdiameter besar untuk menghisap panas keluar dari Barts LE GPU dan kemudian heatsink aluminium yang ada didinginkan oleh kipas berdiameter besar yang ditempatkan berada tepat di tengah gulungan plastik hitam.
Dengan demikian, kartu grafis Sapphire ini mampu memberikan kinerja yang lebih baik dalam menangani suhu panas dan kebisingan yang kerapkali terjadi pada produk-produk AMD selama ini.
Di lain pihak, keberadaan kartu video besutan AMD yang akan segera hadir tersebut kabarnya akan didukung oleh Barts LE core dengan mengemas 800 streaming processor, 40 Texturing unit, 32 ROP unit serta memory interface 256-bit dan buffer frame video berkapasitas 1GB. Frekuensi operasional kartu ini pun telah ditetapkan sebesar 840MHz untuk GPU dan 1050MHz (4200MHz efektif) untuk memori GDDR5.
Selain penetapan clock terbaru ini akan meningkatkan kinerja kartu grafis tersebut, tentunya juga akan mendorong konsumsi listrik yang lebih besar dibanding saudaranya yang lebih tua. Sedangkan kartu grafis ini memiliki TDP sebesar 150W. Tidak ada rincian lainnya tentang Sapphire Radeon HD 6790, selain dari gambar yang tersedia saat ini.
Seperti yang dinyatakan sebelumnya, AMD Radeon HD 6790 tersebut kabarnya baru akan segera dirilis dan tersedia di pasaran mulai tanggal 5 April 2011 mendatang. Dan menurut publikasi dari ComputerBase, harga kartu grafis ini kabarnya akan dibandrol seharga 130 USD atau sekitar 1,3 juta rupiah. Dan ini tentunya 20 USD atau sekitar 200 ribu rupiah jauh lebih murah dibandingkan dengan harga yang disodorkan Nvidia GTX 550 Ti.


Artikel Terkait Lainnya:


Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Saya tidak online 24 Jam dan hanya sendiri mengurus blog ini, jadi silahkan berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya akan langsung di hapus!