Selasa, 29 November 2011

Trik Mask dalam Flash CS5

Trik Mask dalam Flash CS5 Image
Mask Effect yang sering kita jumpai dalam Flash merupakan salah satu fitur yang diberikan oleh Adobe Flash Professional CS5 untuk menutupi sebagian bentuk Objek. Dalam tutorial ini di bahas pemanfaatan mask effect dengan perpaduan dragging. 

  1. Sebagai langkah awal, siapkan dua buah foto atau gambar. Buat dokumen baru dan pilih New > Flash File (Action Script 2.0).Trik Mask dalam Flash CS5 Image
  2.  Import Foto atau gambar yang sudah disiapkan, pilih File > Import To Stage (Ctrl+R)Trik Mask dalam Flash CS5 Image
  3. Tekan Ctrl+J untuk membukan Document Settings. Selanjutnya, sesuaikan ukuran gambar anda, persiapkan dengan background, dan ubah Frame rate menjadi 30. Trik Mask dalam Flash CS5 Image
  4. Buat gambar menjadi Movie Clip dengan cara tekan V dan pilih gambar yang sudah di-Import kemudian klik kanan dan pilih Convert To Symbol atau tekan F8Trik Mask dalam Flash CS5 Image
  5. Ganti nama Instance name pada panel Properties untuk langkah awal membuat Mask lewat Action Script, Ganti dengan nama “myImage”.
  6. Buat Layer baru dan beri nama “mask”.
  7. Sekarang memasuki pembuatan mask movie clip. Buat persegi panjang dengan menekan R atau pun kluk Rectange Tool pada toolbar (Anda dapat mengganti persegi panjang dengan lingkaran ataupun bentuk lain sesuai keinginan anda). Ubah menjadi Movie Clip dengan cara yang sama pada step ke-4 dan beri nama “masking rectangle”.
  8. Ganti Instance name dan beri nama “myMask”.
  9. Agar Action Script dapat berjalan dengan lancar, cek posisi mask dan ganti dengan angka nol pada setiap akhir angka kuadrat. Trik Mask dalam Flash CS5 Image
  10. Tahap berikutnya adalah penulisan ActionScript yang diawali dengan membuat layer baru khusus untuk penulisan Script. Beri nama “action”. Pilih Windows > Action.
    1
    myImage.setMask(myMask);
    Trik Mask dalam Flash CS5 Image
  11. Tahap terakhir untuk meng-aktifkan drag pada mask, Anda dapat memasukkan kode berikut ini:
    1
    myMask.onPress = function() { startDrag(this); } myMask.onRelease = function() { stopDrag();}
  12. Sebagai catatan, bilamana pada awal pembuatan efek ini memilih ActionScript 3.0, Anda harus mengganti kode yang ditulis:
    1
    myImage.setMask(myMask); myMask.onPress = function() { startDrag(this); } myMask.onRelease = function() { stopDrag(); }
  13. Simpan dan coba movie-nya (Ctrl+Enter). Drag masking yang sudah dibuat. Trik Mask dalam Flash CS5 Image
Previewnya bisa dilihat disini: http://www.youtube.com/watch?v=CQuY_7T1g6k. Selamat mencoba dan pastikan berhasil.

Artikel Terkait Lainnya:


Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Saya tidak online 24 Jam dan hanya sendiri mengurus blog ini, jadi silahkan berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya akan langsung di hapus!