Jumat, 16 Maret 2012

Tips Menghemat Baterai Ponsel Android

Mengapa baterai ponsel Android cepat boros? pada umumnya pengguna Android banyak yang mengalami hal tersebut. Lalu apa yang harus di lakukan agar hp tersebut tidak cepat boros?

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi cepatnya daya baterai Android berkurang, terdapat 3 hal:
  • Display dan menu
    Rata-rata display ponsel Android berdimensi lebar untuk mengadopsi fungsi touchscren. Memang nyaman untuk digunakan, namun juga boros daya. Apalagi jika kita sembarangan mensetting kecerahan display (brightness), sering menggunakan fungsi-fungsi touchscreen, menggunakan live wallpaper, widget yang banyak memenuhi homescreen.
  • Internet dan updating terus menerus jika anda menggunakan koneksi internet unlimited dan mengaktifkan facebook atau twitter, rajin membuka browser, atau memutar video youtube, maka baterai Anda akan cepat habis. 
  • Ponsel Android dengan prosesor yang lebih ramah daya, display yang efisein, konektivitas yang tak makan banyak energi tentu akan dapat digunakan lebih lama dibanding dengan android jadul dengan prosesor boros baterai berlayar resistive kuno.
  • Kebiasaan pengguna, Jangan terlalu menyalahkan si Android. Kebiasan anda pun bisa menyebabkan baterai cepat habis. Salah satunya menonton film (HD!), mencharge terlalu lama, memutar musik keras-keras, main game berlebihan. Semua akan membuat energi si Android cepat terkuras.

Lalu bagaimana cara supaya baterai Android tidak cepat habis? Berikut tips yang dapat dicoba ke Android kesayangan Anda.



  • Matikan animasi dan widget karena cukup menyita daya. Live wallpaper, widget dengan ikon animasi, widget penanda waktu, jika tak terlalu diperlukan lebih baik tidak usah digunakan.
  • Gelap itu membantu. Pengunaan wallpaper dengan warna yang lebih gelap, pengaturan brightness/contrast yang tepat, penggunaan launcher dengan warna-warna sederhana ikut membantu Anda menghemat baterai Android.
  • Atur durasi. Aturlah interval waktu akses jika anda memaksakan untuk memasang widget yang terus menerus mengakses internet seperti facebook, twitter, atau prakiraan cuaca. Fitur autosync, dapat juga diatur durasinya misalnya tiap 15 menit atau 1 jam. Jika tak terlalu penting, Anda bisa menatur datenya secara manual setaip saat anda menginginkannya.
  • Gunakan mode 2G untuk daerah minim sinyal Jika lokasi Anda tergolong jarang dalam mendapatkan sinyal 3G, lebih balk Anda mengatur seting jaringan ke 2G. Jika Anda tetap ngotot memakai pengaturan 3G atau 2G & 3G, maka android Anda akan bekerja lebih keras untuk beralih-alih menemukan sinyal jaringan terbaik yang bisa didapat. Tentu akan berimbas langsung ke daya baterai.
  • Matikan koneksi. GPS, Bluetooth, Wifi karena sangat mempengaruhi daya baterai. Matikan jika tidak diperlukan melalui menu setting.
  • Instal aplikasi penghemat baterai. Ada aplikasi yang secara langsung dapat mengurangi konsumsi daya. Ada pula yang secara tidak langsung, misalnya dengan membantu mematikan koneksi Internet jika tidak diperlukan. Beberapa aplikasi yang dapat anda coba APNDroid, Juice Defender (free di market), dan Green Power Premium.


Artikel Terkait Lainnya:


Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Saya tidak online 24 Jam dan hanya sendiri mengurus blog ini, jadi silahkan berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya akan langsung di hapus!