Rabu, 22 Februari 2012

Download Apache2Triad 1.5.4

   Akhirnya bisa posting juga setelah beberapa hari off karena banyak ujian sekolah. Kali ini saya akan membagikan software untuk membuat web yaitu Apache2Triad. Apache2Triad adalah distribusi kumpulan open source software dan interpreter Solution Stack WAMP untuk mengembangkan aplikasi web dengan platform windows yang berisi Server, Interpretes, dan Graphic User Interface. Apache2Triad bisa juga disebut sebuah distribusi perangkat lunak webserver, karena dia menyediakan semua kebutuhan aplikasi web. Agar platform windows dapat dijalankan kita harus menggunakan web server (Internet explore, firefox, mozila, dll). Tempat untuk melakukan pengolahan dan manajemen data disebut Data Acces Logic dan dilakukan oleh DBMS. Untuk program editornya saya sarankan menggunakan PHP Coder Pro karna lebih mudah dan akurat dalam pengerjaannya, jika di bandingkan dengan notepad program ini dapat mericek secara otomatis apabila anda salah dalam penulisan kode HTML dengan memberikan tanda warna merah pada tulisan anda. program ini bisa anda download secara gratis di bawah ini.

Jika anda ingin membuat website dengan dukungan database, anda dapat menggunakan program freeware yang saat ini terbilang popular, yaitu PHP, dan MySQL untuk databasenya.
PHP dan MySQL dapat anda dapatkan sebagai sebuah paket dalam satu aplikasi. Apache2Triad yang akan kita bahas saat ini adalah versi 1.5.4. Paket PHP tersebut sudah mendukung PHP 5, MySQL 5, dan Apache 2 serta phpMyadmin yang akan digunakan sebagai tools pembuat database.
Jadi, hanya sekali menginstal paket lengkap dari Aphace2Triad, anda akan mendapatkan beberapa fasilitas pendukung sebagai berikut :
  • Webserver          : Aphace2
  • Programming      : PHP, Perl dan Python
  • Database            : MySQL dan PostgreSQL Server
  • Tools Database   : phpMyAdmin, pgMyAdmin

BEBERAPA FOLDER DI APACHE2TRIAD
   Folder Apache2Triad dapat anda temui pada direktori C:\apache2triad, jika anda tidak mengubahnya pada proses instalasi yang telah kita lakukan sebelumnya. Dengan menggunakan windows explorer, susunan folder hasil instalasi dapat dilihat sebagai berikut :

Tampak bahwa terdapat beberapa sub-folder yang berada di bawah folder utama apache2triad, untuk memahami setiap fungsinya, berikut penjelasannya :
  • Bin               : folder utama dari apache2 webserver.
  • Conf             : folder berisi file-file untuk konfigurasi apache2 webserver.
  • ftp                : folder berisi tools FTP (file transfer protocol).
  • Htdocs         : folder utama untuk menyimpan data data web yang telah kita buat, baik PHP maupun HTML biasa. Pada folder ini kita dapat menbuat subfolder sendiri untuk mengelompokkan file yang telah kita buat.
  • Manual         : folder yang didalamnya terdapat manual program dan database, termasuk manual PHP dan MySQL.
  • Mysql           : folder utama untuk database MySQL server. Didalamnya terdapat subfolder data untuk merekan semua nama database, serta subfolder bin yang berisi tools klien dan server MySQL.
  • Pgsql            : folder utama untuk database postgreSQL Server.
  • Perl               : folder utama untuk program Perl.
  • Php               : folder utama untuk program PHP.
  • Python          : folder utama untuk program python.

MENCOBA APLIKASI APACHE2TRIAD
   Syarat utama agar anda dapat mengakses file PHP atau HTML yang telah anda buat adalah dukungan servis Apache2 webserver yang sudah berjalan. Setelah itu, maka anda dapat mengakses semua folder dan file program yang terletak pada C:\apache2triad\htdocs.
Caranya adalah, buka browser ketikkan alamat http://localhost/. Pada addess bar. Lalu tekan enter.
Jika berhasil maka tampilannya adalah seperti ini :

Demikian penjelasan singkat tentang apache2triad jika anda tertarik silahkan download filenya dibawah ini. Semoga bermanfaat.

Size: 96 mb

Size: 1 mb

Password: www.cyber-cream.com


Artikel Terkait Lainnya:


Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Saya tidak online 24 Jam dan hanya sendiri mengurus blog ini, jadi silahkan berkomentar dengan kata-kata yang baik dan sopan. Komentar SPAM, SARA dan sejenisnya akan langsung di hapus!